Tiga Teladan Incubator (TITELIC)


TITELIC adalah ekstrakurikuler yang didirikan oleh Dedy Arfiansyah (Alumni SMAN 3 Jakarta) pada tanggal 8 Juni 2012 dan empat tahun kemudian diiresmikan (pada tanggal 8 Juni 2016) oleh Ibu Dra. Ratna Budiarti, M.Biomed. (Kepala Sekolah SMAN 3 Jakarta).

Ekskur ini memberikan coaching clinic secara intensif untuk peserta didik di SMA Negeri 3 Jakarta, yang berminat mengikuti lomba/kompetisi akademik dalam berbagai bidang dan tingkatan. Maksud dan tujuan dari pembentukan TITELIC adalah:

1. Meningkatkan pemahaman dan kesadaran di kalangan siswa SMAN 3 Jakarta mengenai pentingnya berkompetisi untuk meningkatkan daya saing.
2. Membantu siswa SMAN 3 Jakarta menemukan dan menyalurkan rasa ketertarikan pada berbagai kompetisi.
3. Pembinaan dan pelatihan sejak dini yang diimplementasikan dalam pendidikan secara teori dan praktik yang dimulai dari institusi pendidikan. Selain itu, menjadi wadah dalam praktik berorganiasi yang baik dan benar.
4. Menjadi wadah diskusi bagi siswa SMAN 3 Jakarta sehinga mereka dapat berpikir kreatif, inovatif, dan ide yang konstruktif yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan.
5.Meningkatkan strategi kolaborasi yang digunakan oleh incubator Tiga Teladan dalam mempromosikan, menciptakan, dan mengembangkan potensi siswa di SMAN 3 Jakarta.
6. Menjadi media sosialisasi dan meningkatkan kebersamaan serta solidaritas antar civitas akademika SMAN 3 Jakarta.
7. Meningkatkan pengenalan terhadap dunia perkuliahan pada siswa, khususnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
8. Memberikan solusi praktis dan rekomendasi kepada sekolah dalam meningkatkan kualitas SMAN 3 Jakarta dan berkontribusi dalam upaya mempertahankan predikat “Teladan”.

VISI TITELIC

TITELIC menjadi ekstrakurikuler nomor 1 di Indonesia dan sebagai wadah mengaplikasikan ilmu serta berkompetisi secara sehat.

MISI TITELIC


1. Good Apllication of Knowledge -- Salah satu maksud tujuan didirikannya TITELIC adalah untuk dijadikan sarana aplikasi ilmu serta untuk mengembangkan keterampilan dalam berorganisasi. Dengan semangat ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengurus dan anggota yang mengikuti TITELIC.
2. Good Relationship with Stakeholders -- Pembinaan hubungan dengan pihak-pihak yang berkepentingan juga perlu untuk dilakukan agar menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan TITELIC.
3. Good Teamwork -- Kekompakan tim sangat diperlukan dalam pencapaian tujuan. Oleh karena itu, soliditas perlu dibangun oleh seluruh guru dan siswa SMA Negeri 3 Jakarta.
4. Good Governance -- Pengurus TITELIC diberikan amanat oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan SMA Negeri 3 Jakarta. Dengan pengelolaan yang baik, diharapkan dapat memenuhi 5 dimensi dalam GCG, yaitu: transparency, accountability, responsibility, integrity, dan fairness.
5. Profesional -- Setiap pengurus dan anggota diharapkan dapat meningkatkan kualitas kerja.

Penulis: Dedy Arfiansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar