SMAN 3 Jakarta, Juara 2 dan Best Paper ERP KOMPeK 22


KOMPeK (Kompetisi Ekonomi) merupakan salah satu event tahunan terbesar di bidang Ekonomi untuk siswa SMA/Sederajat di Indonesia. Lomba ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Sejak tahun 2012, SMAN 3 Jakarta tidak pernah absen lolos ke babak final -- KOMPeK 22 merupakan tahun ke-9 (secara berturut-turut) SMAN 3 Teladan berhasil lolos ke babak grand final.


Tahun ini, KOMPeK mengusung tema Amplify (Optimizing the Leading Sectors to Amplify National Economic Resilience). Lebih lanjut, pada cabang Economic Research Paper (ERP), terdapat 3 subtema, yaitu: (1) Efektivitas Kebijakan Pemerintah dalam Mewujudkan Swasembada Pangan; (2) Kesiapan Blue Economy Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia; dan (3) Kontribusi Pariwisata Indonesia dalam Neraca Pembayaran dan Devisa Negara. Dari ketiga sub tema tersebut, tim ERP Teladan KOMPeKian  memilih judul "Analisis Implementasi Kebijakan Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan".

Delegasi yang mewakili SMAN 3 Jakarta pada final tahun ini yaitu: Bella Ananda (X IPS B), Shafa Ramadhani (X IPS A), dan Bagus Muliasa Insani (X MIPA C). Berkat kerja keras, skill individu, dan kerjasama tim, tahun ini SMA 3 Teladan mendapatkan predikat best paper dan juara 2 cabang ERP Tingkat nasional..

Untuk meraih predikat tersebut, bukan merupakan perkara yang mudah. Peserta ERP harus melewati beberapa tahap, yang dimulai dari seleksi  paper (softcopy dan hardcopy) untuk memilih 8 besar tim terbaik, dimana 8 tim tersebut diwajibkan untuk mengumpulkan poster terkait paperSetelah itu, 8 tim tersebut bertanding untuk melaju ke babak 5 besar. (mengikuti Focus Group Discussion dan Case study). Dari hasil akumulasi perolehan nilai, dapat ditentukan peserta yang berhak atau tidak masuk ke babak 5 besar. Pada tahap akhir, 5 tim terbaik perlu mempresentasikan (dan tanya jawab) paper yang telah dibuat.
  
Babak 8 Besar

Babak Final


Juara 1, 2, dan 3
1. SMAN 1 Garut (Lucyana Team)
2. SMA Negeri 3 Jakarta
3. SMAN 1 Garut (Nurlita Team)

Best Poster
SMAN 1 Garut (Nurlita Team)

Best Paper
SMA Negeri 3 Jakarta

Penulis: Bella Ananda
Editor: Dedy Arfiansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar