Siswa SMAN 3 Jakarta Mencetak Hat-Trick Pada Lomba Essay Adfest FIA UI



Andi Difa S. Zahra dan Nyak Cut Nadira (XII IPS A) serta Teuku Arshya Kuala (X MIPA B), merupakan siswa SMAN 3 Jakarta yang mengharumkan nama sekolah Teladan. Mereka menjadi 7 besar finalis pada event nasional lomba essay Administration Festival (Adfest) ke-3 Tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI).

Teuku Arhsya dengan semangat menceritakan proses masuk menjadi 7 besar. “Pada tanggal 24 September 2019 hari terakhir untuk pengiriman softcopy essay. Kami memilih tema Peran Kemudahan e-Governance dalam Mengintegrasikan Informasi dan Kegiatan Pemerintahan Era Digital, untuk dijadikan bahan penulisan. Tanggal 4 Oktober 2019 diumumkan finalis 7 besar essay. Dari berbagai SMA/Sederajat di seluruh Indonesia yang mendaftar, dan telah mengirimkan essay, SMAN 3 Jakarta merupakan satu-satunya finalis yang tiga tahun berturut-turut masuk ke babak final – dan tanggal 19 Oktober 2019, SMAN Teladan diundang untuk mempresentasikan essay.” Ujar siswa jurusan MIPA Kelas X-B tersebut.



Berikut merupakan list tujuh finalis yang lolos ke babak final essay 3rd  Adfest 2020 tingkat nasional:
1. SMAN 1 Kuta (Juara 3)
2. SMAN 3 Jakarta (Juara 1)
3. SMAN 12 Jakarta
4. SMAN 27 Jakarta Tim A
5. SMAN 27 Jakarta Tim B
6. SMAN 27 Jakarta Tim C
7. SMAIT Nurul Fikri (Juara 2)




Masih menurut Arshya, “Persyaratan di babak final, kita harus mengirimkan PPT ke panitia dan mempersiapkan diri menghadapi tanya jawab dari dewan juri. Kami mengusung judul “Analisis Pola Spasial SMA Negeri di Jakarta Berdasarkan Sistem Zonasi PPDB 2019”. Lalu, pada tanggal 18 Oktober 2019, kami mengikuti technical meeting. Pada hari berikutnya, kami mempresentasikan essay dan Alhamdulillah presentasi dan tanya jawab berjalan lancar, sehingga hasilnya kami meraih Juara 1 dan tim dengan presentasi terbaik” tambahnya.

Nyak Cut Nadira yang juga merupakan satu tim merasa bersyukur “Alhamdulillah, ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa. Aku ke sana dan bergabung dengan teman-teman finalis dari sekolah lain dan bisa berkompetisi dengan mereka. Kami mendapatkan pembelajaran yang luar biasa – terkait, banyak hal yang tidak dipelajari di kelas bisa didapatkan saat mengikuti lomba essay ini, misalnya bagaimana menulis essay yang yang baik dan benar (pemilihan kata yang tepat agar informasi dapat tersampaikan, melatih berpikir kriris, dan melatih mengolah data serta menganalisisnya). Kemudian, melatih bagaimana cara presentasi yang ‘menjual’ dan dapat menambah soft skill lainnya. Kami merasa senang sekaligus bangga.” Ungkapnya.

Andi Difa juga menambahkan bahwa tahun ini merupakan tahun ke-3 Adfest FIA UI, dan sejak tahun lalu dia juga mendapatkan Juara 1. “Jadi tuh, tahun 2017, SMAN 3 Jakarta juga Juara 1 essay Adfest, waktu itu yang ikut Kak Kartika, Kak Khalda, dan Kak Vina. Terus 2018-nya aku yang ikut dan Juara 1 juga. Alhamdulillah tahun ini bisa juara 1 lagi bareng sama Cut dan Arshya.” Ujarnya dengan senyum. Andi Difa berpesan untuk juniornya di sekolah yang masih kelas X dan XI yang tahun depan ingin mencoba lomba essay Adfest “Semangat dan jangan pantang menyerah. Harus rajin latihan dalam mempersiapkan lombanya. Jangan lupa, yang terpenting dalam penulisan essay harus berdasarkan data dan analisis yang kuat serta perbanyak doa. Semoga ke depan kalian bisa tetap membanggakan nama SMAN 3 Jakarta” Katanya menasehati.

Berita dalam Gambar



Penulis: Audrey Nashavareen Sucahyono
Editor: Dedy Arfiansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar