SMAN 3 Jakarta Mencetak Hattrick Dalam Lomba OPSI Jakarta Selatan 2018




OPSI - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Selatan mengadakan kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), yang diselenggarakan di Universitas Bakrie pada tanggal 4 September 2018. Tujuan OPSI adalah sebagai wahana pengembangan diri dan kompetisi untuk peserta didik SMA dan sederajat dalam bidang penelitian, baik yang bersifat pengungkapan (discovery) maupun penemuan (invention).

Tahap awal kompetisi ini mengharuskan tiap tim (yang terdiri dari dua orang) dari sekolah yang sama mengirimkan sotfcopy proposal penelitian melalui email dan hardcopy karya tulis beserta softcopynya dalam format CD. Adapun untuk kategori yang dilombakan pada tahun ini dibagi menjadi tiga bidang, yaitu: Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH), Matematika Sains dan Teknologi (MST), dan Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR). Dari naskah yang masuk, telah didapatkan 58 peserta (29 tim) dari berbagai SMA/Sederajat di Jakarta Selatan, lebih spesifik ISH 8 tim, MST 10 tim, dan FTR 11 tim.

Berdasarkan keputusan dewan juri tentang penetapan pemenang finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMA Tingkat Jakarta Selatan Tahun 2018, SMAN 3 Jakarta berhasil mendapatkan apresiasi pada semua bidang yang diikuti. Berikut ini merupakan nama-nama pemenang siswa Tiga Teladan:

🏆 Juara 2 Kategori Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH):
1. Nyak Cut Nadira Azzahra
2. Vina Cindyana

🏆 Juara 2 Kategori Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR):
1. Putri Thalia Handoko
2. Erliza Febriani

🏆 Juara Harapan 3 Kategori Matematika Sains dan Teknologi (MST):
1. Bianca Lyssandra
2. Danylo Rangga











Penulis : 
Sarah Aditya Yolanda Sitanggang

Editor   : Dedy Arfiansyah
Foto     : Nyak Cut Nadira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar