Struktur organisasi ekstrakurikuler TITELIC terdiri dari dewan pembina, head coach, asisten coach, coach yang berasal dari komponen alumni dan guru, pengurus aktif (yang disebut kader), dan anggota (seluruh peserta didik SMAN 3 Jakarta). Untuk kelancaran operasional aktivitas harian, pengurus TITELIC dibagi menjadi empat divisi, yaitu eksternal (MER & HRD) dan internal (ISA & FA). Keempat divisi tersebut dikoordinasikan oleh BPH (captain dan vice captain), dengan arahan dari head coach dan dewan pembina.
Dewan Pembina & Head Coach
1. FREE COC (Coaching Clinic for Free)
Memberikan
bimbingan dan pendampingan yang bersifat strategis dan teknis dalam persiapan
untuk menghadapi kompetisi tingkat nasional. Program ini bersinergi dengan guru
dan alumni yang kompeten dibidangnya.
2. MATA (Mahakarya Teladan)
Mengupayakan
untuk menerbitkan publikasi ilmiah yang berbentuk buku bunga rampai dari
keseluruhan karya tulis yang telah berhasil memenangkan kejuaraan tingkat
nasional.
3. KOMIK (Konsultasi Akademik)
Memberikan
layanan konsultasi akademik terkait pendidikan, penelitian, sekolah dan
perkuliahan, serta tutoring bidang studi tertentu.
1. PEMIKAT (Pemilihan Kapten Titelic)
Proses regenerasi kapten yang diselenggarakan setiap tahunnya dengan tahapan seleksi yang ketat melalui pertimbangan dan persetujuan Dewan Pembina, Head Coach, PELITA (Perkumpulan Elite Alumni) Titelic, dan kapten periode sebelumnya.
2. KOIN (Kontrol Internal)
Memastikan
antara perencanaan dan implementasi pada tiap divisi dapat berjalan dengan
baik sehingga tujuan utama dari tiap
divisi yang berfungsi sebagai supporting
system lomba dapat optimal.
Kapten
dan wakil kapten akan dipromosikan untuk memenangkan kompetisi tingkat nasional
dan menjadi icon SMAN 3 Jakarta dalam
bidang akademik.
Marketing and External Relationship (MER)
1. EXTRA (External Relationship)
Membangun
hubungan yang baik dan bersinergi antara Titelic dengan
seluruh civitas akademika SMAN 3 Jakarta.
2. INTRIC (Introduction Tilelic)
Memperkenalkan ekstrakurikuler
Titelic kepada para peserta didik kelas X ketika event
launching Bunga Rampai dan Pameran Biro (Pambir).
3. SMS (Social Media Specialist)
Me-maintain semua social media yang
dimiliki Titelic: Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, dan Line@.
4. CON-BLOG (Contributor Blog)
Memberikan
informasi dan berita yang up to date (terkait
perlombaan dan event) melalui media blog.
Human Resource Development (HRD)
1. TAT'3'RING (Talent "3" Incubator Scouting)
Pengkonsepan
audisi lomba
dengan tujuan memperoleh siswa dengan bakat dan potensi terbaik untuk
memperoleh hasil yang maksimal.
2. 3 INC 1 (Tiga Incubator Bersatu)
Mengumpulkan dan mengadakan pertemuan antara alumni dengan pengurus yang dikemas dalam sebuah konsep acara dengan tujuan untuk sharing pengalaman dan meningkatkan rasa kekeluargaan.
Melakukan
perencanaan riset (tahap II) yang terkait dengan kompetisi untuk kemudian menyebarkan data
yang berbentuk kuesioner, yang lebih lanjut diolah dan dianalisis sehingga
dapat diinterpretasikan hasilnya sesuai dengan tujuan riset.
4. SEMESTAKU (Seminar dan Sosialisasi Tentang Perkuliahan)
Mengadakan seminar dan sosialisasi tentang perkuliahan untuk kelas X (tahap IV) sehingga mereka dapat menentukan tujuan pendidikan selajutnya lebih awal dan menerapkan strategi yang harus ditempuh untuk dapat mencapai target yang ingin dicapai.
Information System Administration (ISA)
1. SIAPE (Sistem Informasi, Audisi, Program, Event)
Memberikan
informasi melalui media yang dimiliki terkait dengan audisi, bimbingan, dan
event lomba, serta agenda lain termasuk program kerja selama 1 tahun
kepengurusan.
2. ADMIRE (Administrasi dan Registrasi)
Administrasi: Mengelola surat masuk dan keluar,
keanggotaan, rapor ekskul, agenda rapat, dll. Registrasi:
Mengelola pendaftaran anggota termasuk pendaftaran dan dispensasi ketika lomba.
Mengusulkan procurement dan me-maintain sarana dan prasarana yang terdapat di sekretariat Titelic.
Finance and Accounting (FA)
1. PROFESOR (Profit Sharing, Negotiation, and Contract)
Menentukan besaran persentase profit sharing yang didapatkan dari hasil lomba. Terkait dengan hal tersebut, sebelumnya dilakukan negosiasi dan kontrak (perjanjian kerja sama) antara peserta didik, pembimbing, orang tua dengan sepengetahuan kepala sekolah.
Melakukan pengumpulan bukti transaksi, pencatatan (pemasukan dan pengeluaran), dan pengawasan, serta memberikan kebijakan terkait dengan penggunaan dana dalam suatu kompetisi.
3. FRAGMENT (Fundraising and Procurement)Mengupayakan pengadaan barang dan pendanaan yang sifatnya memperlancar ketika proses bimbingan dan hari H kompetisi.
Penulis: Dedy Arfiansyah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar