Q&A Open Recruitment Titelic Batch V



Q: Ekskur Titelic tuh apa sih?
A: Titelic merupakan singkatan dari Tiga Teladan Incubator, yaitu ekstrakurikuler unggulan spesialis kompetisi akademik.

---

Q: Maksudnya kompetisi akademik gimana, apakah Titelic yang membuat lomba-lomba di SMAN 3 Jakarta?
A: Bukan gitu. Jadi, yang Titelic lakukan adalah memberikan coaching clinic (bimbingan, pendampingan, motivasi, dll) untuk siswa SMAN 3 Jakarta dalam persiapan untuk menghadapi kompetisi akademik, baik yang diselenggarakan oleh sekolah lain, universitas, kementerian, atau instansi lainnya. Biasanya kompetisi yang kami ikuti skalanya nasional, tapi tidak menutup kemungkinan (juga) untuk lomba yang setingkat provinsi, jabodetabek, atau kotamadya.

---

Q: Siapa yang memberikan coaching clinic?
A: Bimbingan diberikan oleh pembina, head coach, guru bidang studi tertentu yang berkolaborasi dengan head coach, dan alumni-alumni terbaik dari berbagai disipilin ilmu di universitas bergengsi.

---

Q: Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk join Titelic dan mengikuti coaching clinic?
A: Rp 0. Tidak sepeser pun uang yang kamu perlu keluarkan. Jadi simpan saja uangmu dan atau gunakan untuk keperluan lain! Yang perlu diingat, maksudnya free adalah biaya terkait join ekskur ini dan ketika proses bimbingannya ya. Tapi, misalnya kamu lagi ikut lomba, terus lombanya itu perlu daftar dan berbayar, atau ketika bikin paper kamu perlu nge-print, fotocopy, dll, maka biaya tersebut kamu yang tanggung sendiri ya.

---

Q: Oh ya, penasaran…. apa sih bedanya Titelic dengan Ekskur Science Club (SC) atau Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Robotic, dan OSN?
A: Itu bisa dijelaskan secara detail oleh Contact Person (CP) eksur masing-masing. Yang pasti, tiap ekskur di atas memiliki spesilisasi yang unik. Jadi, jangan mendikotomikan terlalu jauh, karena kami saling melengkapi. Yang terpenting, kamu perlu tau passion kamu lebih ke arah mana. Jika kamu prefer ke Titelic, maka kamu akan diarahkan untuk bisa mengikuti salah satu dari 6 kategori lomba yang pernah dan selalu kami ikuti tiap tahunnya.

---

Q: Wow, ada 6 kategori lomba, apa aja tuh?
A: (1) Paper; (2) Simulation; (3) Olympiad; (4) Debate; (5) Pageant; dan (6) Art.

---

Q: Terus, siapa aja yang bisa join Titelic? Apakah harus anak-anak pinter?
A: SEMUA siswa SMAN 3 Jakarta. Ga cuma untuk anak-anak yang pinter aja, Titelic untuk mereka yang mau learn and grow. Terus, siapapun yang join Titelic, statusnya dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Tim Inti (5 orang), Pengurus (18 orang), dan Anggota (tidak dibatasi).

---

Q: Siapa aja yang bisa jadi anggota dan gimana cara daftarnya?
A: Semua siswa Kelas XII, XI, dan X berhak menjadi anggota Titelic – Caranya hanya isi formulir pendaftaran -- kemudian kamu akan di-invite ke grup whatsapp / line – setelah itu, secara otomatis kamu telah terdaftar sebagai member kami.

---

Q: Apakah kelas XII dan XI yang sebelumnya pernah join di Titelic perlu daftar ulang?
A: Iya, bagi kamu yang sekarang kelas XI dan XII dan pernah ikut Titelic atau pernah ikut coaching clinic dari Titelic, kalau tahun ini mau ikut lagi, sebaiknya isi form ulang. Karena kami ingin mengetahui, apakah kamu masih minat di ekskur ini, atau mau mencoba tantangan di ekskur lainnya.

---

Q: Apa keuntungan ketika kamu telah terdaftar sebagai anggota dan termasuk dalam grup chat?
A: Ketika ada kesempatan lomba yang tepat untuk kamu, maka kamu akan langsung dihubungi dan ditawarkan untuk ikut lomba tersebut. Yang pasti kamu juga harus aktif berkomunikasi dengan coach dalam menentukan pilihan lomba yang sesuai dengan passion kamu. Jangan hanya menunggu giliran kamu dipanggil atau relatif pasif.

---

Q: Apa bedanya antara informasi yang terdapat di grup chat Titelic dengan yang di instagram?
A: Informasi di instagram biasanya tentang kegiatan yang sedang dilakukan Titelic dan seputar audisi pemilihan untuk non-anggota. Audisi akan diinfokan di instagram dan dibuka untuk umum ketika: (1) di grup anggota tidak ada yang mau mengambil kompetisi tersebut atau; (2) karakter anggota tidak ada yang cocok untuk kompetisi yang akan diikuti – Maka, akan ada audisi untuk yang bukan anggota, atau seseorang yang bukan anggota berdasarkan rekomendasi dari pengurus dan tim inti.

---

Q: Apakah hanya dengan follow IG Titelic (tidak join sebagai anggota) masih bisa ikut bimbingan dan lomba?
A: BISA! Tetapi, jika kamu tidak terdaftar sebagai anggota, maka kamu harus melalui tahap audisi agar bisa terpilih menjadi bagian dalam tim yang akan mengikuti kompetisi. Yang jelas, prioritas dipilih sebagai tim ditujukan kepada yang telah terdaftar sebagai member.

---

Q: Jadi, kalau sekarang belum mau ikut lomba, tapi nanti mungkin mau ikut, apakah sebaiknya harus join?
A: Ya! Coba daftar aja dulu, terlepas mau ikut lomba atau ga, itu bisa urusan belakangan. Yang pasti, kalau kamu daftar Titelic, terus dalam 1 semester kamu tidak ikut kegiatan apapun, maka di rapor kamu tidak ada nilai Titelic.
Sebaliknya, jika kamu pernah menang lomba, pernah menjadi finalis lomba, atau at least pernah berjuang ikut coaching clinic, secara otomatis di rapor kamu nanti akan ada nilai Titelic.

---

Q: Terus, apa bedanya antara anggota, pengurus, dan tim inti?
A: Perbedaan pertama,
Jumlah anggota boleh sebanyak apapun, tetapi pengurus 18 orang dan tim inti hanya sebanyak 5 orang saja.

Perbedaan kedua,
Anggota boleh berasal dari kelas XII, XI, dan X. Sedangkan tim inti, hanya diperbolehkan dari kelas XI dan X saja – kalau kelas XI yang kemarin sudah join Titelic, terus tahun ini mau lanjut lagi, boleh banget kok! Isi form lagi aja.

Perbedaan Terakhir,
Anggota boleh ikut ekskur lain dan atau menjadi ketua pada ekskur lain. Sementara, jika kamu berminat menjadi pengurus dan atau tim inti, diharapkan kamu hanya punya 1 ekskur lain (selain Titelic) dan tidak boleh menjadi ketua di ekskur lainnya.

---

Q: Apa keistimewaan menjadi pengurus dan tim inti?
A: Semua pengurus dan tim inti (23 orang, kombinasi kelas X dan XI) akan diprioritaskan untuk bisa (paling sedikit 1 kali) menang lomba tingkat nasional, dan atau menjadi finalis salah satu kompetisi nasional. Selain itu, dari beberapa orang pengurus dan tim inti tersebut, akan dilibatkan pada event dan project tertentu yang sangat prestisius.

---

Q: Bagaimana cara bergabung menjadi pengurus dan atau tim inti?
A: Berikut alur seleksi Batch V:

Awal Agustus --- dibuka pendaftaran dan seleksi berkas.
Pertengahan Agustus --- Seleksi beberapa tahap untuk calon pengurus dan tim inti.
Akhir Agustus --- Tahap eliminasi, jika pendaftar pengurus dan tim inti lebih dari 23 orang, atau jika kurang kuota formasi akan menyesuaikan.
September --- Calon pengurus dan tim inti wajib mengikuti kompetisi tingkat nasional sebagai pembuktian diri.
Awal Oktober --- Pelantikan dan Sertijab Pengurus dan Tim Inti Batch V. Jadi, sebelum tim inti baru terbentuk, kapten masih dijabat oleh Bella Ananda, XII IPS A.

---

Q: Kalau misalnya tidak lolos sebagai tim inti dan pengurus, apa artinya tidak diterima di Titelic?
A: Tidak begitu, jika kamu belum lolos sebagai tim inti dan pengurus, kamu tetap bisa menjadi anggota titelic dan bisa ikut coaching clinic dan lomba yang akan kami ikuti.

---

Q: Bagaimana gambaran singkat ketika sudah menjadi tim inti/pengurus?
A: 23 orang akan menjalankan peran sebagai berikut.

TIM INTI: 5 ORANG
1 orang -- Kapten.
1 orang -- Wakil Kapten Departemen Marketing and External Relationship (MER)
1 orang -- Wakil Kapten Departemen Human Resource Development (HRD)
1 orang -- Wakil Kapten Departemen Finance and Accounting (FA)
1 orang -- Wakil Kapten Departemen Information System Administration (ISA)

PENGURUS: 18 ORANG
3 orang – Divisi Paper
3 orang – Divisi Simulation
3 orang – Divisi Olympiad
3 orang – Divisi Debate
3 orang – Divisi Pageant
3 orang – Divisi Art

---

Q: Apakah kalau sudah masuk di divisi paper, tidak bisa ikut lomba divisi art?
A: Tetap bisa, kita lintas divisi dan departemen, bahkan lintas anggota. Cuma, ketika kamu dipilih dalam divisi paper, paling tidak kamu (diusahakan) pernah ikut dan atau menang untuk lomba cabang paper. Begitu pula untuk divisi yang lainnya.

---

Q: Kalau mau tanya-tanya lebih jauh atau udah fixed mau daftar caranya gimana?
A: Mungkin kalau sudah kembali ke sekolah, kamu bisa dateng ke Headquarters (HQ) Titelic, di gedung barat lantai 2. Atau kalau masih PJJ, bisa hubungi kami disini:

Instagram : @titelic3
Email : tigateladanincubator@gmail.com
Blog : www.titelic.blogspot.com
Line@ : @KLH7090S
Head Coach : Dedy Arfiansyah, +628137760888 (wa)
Captain : Bella Ananda, +6281285552325 (wa)
Vice Capt. : Felicia Hestiawan, +6287788338183 (wa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar