Kemenangan Kedua SMA 3 Jakarta Dalam ERP KOMPeK 15


Kompetisi Ekonomi (KOMPeK) merupakan kompetisi dalam bidang ekonomi yang diselenggarakan untuk siswa-siswi SMA dan sederajat berskala nasional. Acara ini merupakan agenda tahunan terbesar dari Departemen Keilmuan BEM FEUI. Pada kompetisi ekonomi ini terdapat empat macam cabang perlombaan, yaitu  EQ (Economics Quiz), EDC (Economics Debate Competition), BC (Business Challenge), dan ERP (Economics Research Paper). Tahun ini, tema KOMPeK adalah Rebranding Indonesia, Rejuvinating National Investment Climate.

Tahun lalu (KOMPeK 14), SMA Negeri 3 Jakarta berhasil menjadi juara 1 dalam cabang ERP. Di luar dugaan, pada tahun ini SMA 3 'Teladan' Jakarta kembali meraih peringkat 1 dalam cabang ERP, sungguh merupakan pencapaian yang luar biasa untuk SMAN 3 Jakarta karena berhasil memenangkan perlombaan pada cabang yang sama selama dua kali berturut-turut. Tim ERP SMAN 3 Jakarta mengalahkan finalis lainnya pada grand final yang diselenggarakan di Auditorium Terapung, Perpustakaan Pusat UI. Kemenangan kedua untuk SMA 3 Jakarta pada musim kompetisi 2013, berkat penampilan gemilang tim ERP (Qurryah, Putri Mei, dan Albiansyah) yang telah membuat dan mempresentasikan karya tulisnya yang berjudul "Peranan Investasi Pendidikan Sebagai Solusi Mengatasi Kemiskinan di Indonesia".

Berikut ini daftar pemenang untuk tiap cabang (EQ, EDC, ERP, dan BC) dalam KOMPeK 15:

Juara Umum:  SMA 4 Denpasar

Economics Quiz (EQ)
Juara 1: SMA Taruna Nusantara Magelang
Juara 2: SMA Labschool Kebayoran Jakarta
Juara 3: SMAK 3 Penabur Jakarta Tim B

Economics Debate Competition (EDC)
Juara 1: SMA 4 Denpasar
Juara 2: SMA 14 Jakarta
Juara 3: SMA Al-Azhar Palu

Economics Research Paper (ERP)
Juara 1: SMA 3 Jakarta
Juara 2: SMA 1 Purbalingga
Juara 3: SMA 1 Kebumen

Business Challenge (BC)
Juara 1: SMAK Penabur Bintaro Jaya (Tas Bungkus Kopi)
Juara 2: MAN 2 Model Pekanbaru (Karetoss)
Juara 3: SMA Kharisma Bangsa (Batik Prijaji)

Saya atas nama tim SMA 3 Jkt pengen ngucapin special big thanks to LO dari tim ERP (Fahmi Ayu) dan EDC (Fionna Jomono) yang udah sabar banget menghadapi kita-kita :D semoga kuliahnya sukses ya :)



Thanks juga untuk Ibu Siti Rochani (guru senior bidang studi Ekonomi di SMA 3 Jkt), Salman Al-Farisi, dan Abi Zulfahmi yang udah hadir di rangkaian acara kompek. Makasi juga untuk supporter dari SMA 3 Jkt yang udah nyempetin dateng ke UI --> Joshua Matrox, T. Al-Brama, Evan, dan Haris. Kehadiran kalian bikin final makin meriah. Semoga tahun depan, kalian dan atau anak SMA 3 Jkt lainnya dapat berpartisipasi dan lolos seleksi dalam KOMPeK 16. Terus, andai SMA 3 bisa menang ERP lagi, itu artinya hattrick lho, SEMANGAT!! :D

Penuilis: Putri Mei Saimima
Editor: Dedy Arfiansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar